Batman Begins - Help Select

Translate

Minggu, 23 Maret 2014

Teori bonfrenbenner


Teori Ekologi Bonfrenbenner
Oke kali ini karna kita mendapat tugas untuk membahas teori ekologi Bonfrenbenner, well kita akan membahasnya.
Apa saja sih isi dan berfokus tentang apa teorinya.
Urie Bronfenbrenner adalah atau lebih di kenal Bonfrenbenner adalah yang menciptakan teori ekologi yang di mana teori itu berfokus pada konteks sosial di mana sang anak tinggal atau interaksi dengan orang orang di sekitarnya.
Teori ekologi Bonfrenbenner memiliki lima sistem lingkungan yang merentang dari interaksi interpersonal sampai ke pengaruh kultur yang lebih luas.
Lima sistem lingkungan itu adalah mikrosistem, mesosistem, exosystem, makrosistem, kronosistem.
Lalu apakah arti lima sistem lingkungan tersebut?
Mikrosistem
Mikrosistem adalah saat di mana sang anak banyak mengahabiskan banyak waktunya seharian, seperti di sekolahnya di rumahnya atau lingkungan sekitar rumah nya.
Dalam interaksinya biasanya anak berinteraksi langsung dengan keluarga, teman sebaya, orang tuanya, gurunya.
Pada saat ini sanga anak bukan lah murid yang menerima pengalaman secara pasif. Tetapi ia adalah seorang murid yang menerima pengalaman secara aktif. Maksudnya ia berinteraksi secara timbal balik dengan orang lain.
Mesosistem
Mesositem memiliki hubungan yang erat dengan mikrosistem. Misalnya ada hubungan antara pengalaman dalam keluarga dan dengan pengalaman di sekolahnya dan juga pengalaman dengan teman sepermainannya.
Misalnya dalam Mesosistem yang penting adalah hubungan antara sekolah dan keluarganya. Anak yang di beri kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar entah itu di rumahnya atau di sekolahnya biasanya memiliki nilai yang cukup tinggi di sekolahnya.
Ini berarti sangat pentingya komunikasi atau interaksi sang anak dengan orang lain. Karna anak biasanya belajar dari suatu hubungan yang timbal balik dengan orang sekitarnya.



Eksosistem
Ekositem (exosystem) adalah dimana ketika pengalaman di setting lain (dimana murid tidak berperan aktif) memengaruhi pengalaman murid dan guru dalam konteks mereka sendiri.
Maksudnya adalah pengalaman itu di setting oleh orang lain yang lebih berkuasa dan biasanya keputusan mereka memengaruhi perkembangan mereka.

Misalnya, mari kita ambil contoh di lingkungan sekolah. Saat guru punya kuasa yang lebih besar di sekolah. Peraturan, sistem pengajaran, dan  sikap mereka saat mengajar anak di sekolah dapat menentukan perilaku anak di sekolah atau bahkan dapat juga terbawa bawa hingga ke rumahnya.
Makrosistem
Makrisitem adalah kultur yang lebih luas. Kultur adalah istilah luas yang mencakup peran etnis dan faktor sosioekonomi dalam perkembangan anak. Kultur adalah di mana sang anak tinggal di lingkungannya dengan mengikuti suatu pola kebudayaan tertentu. Misalnya kita ambil perbandingan kultur antara dua suku yaitu suku batak dan suku jawa.

Dalam kultur suku batak anak biasanya di didik dengan cara yang keras maka biasanya orang orang batak sikapnya terkesan keras namun sebenarnya hati mereka lembut kok hihihih :D.

Beda lagi dengan kultur jawa biasanya mereka didik dengan cara yang lembut oleh karna itu biasanya orang jawa bicara lembut lembut.

Dan bagaimana dengan sosioekonomi dan apa itu??? Sosiekonomi  adalah faktor perkembangan dalam kemiskinan. Kemiskinan dapat memengaruhi perkembangan anak dan merusak kemampuan mereka untuk belajar, meskipun beberapa anak di lingkungan yang miskin sangat ulet.

Kronosistem
Kronosistem adalah kondisi sosiihistoris dari perkembangan anak. Misalnya, anak anak pada jaman sekarang ini tumbuh sebagai generasi yang tergolong pertama (Louv, 1990). anak-anak sekarang adalah generasi pertama yang mendapatkan perhatian setiap hari, generasi pertama yang tumbuh di lingkungan elektronik yang dipenuhi oleh komputer dan bentuk media baru, generasi pertama yang tumbuh dalam revolusi seksual, dan generasi pertama yang tumbuh di dalam kota yang semrawut.

Ini sangat sangat memengaruhi perkembangan anak anak jaman sekarang yang lebih banyak memiliki semangat juang yang lemah dan cendrung bersifat emosional.
Sekian dulu tentang teori ekologi Bonfrenbenner selamat malam and good night J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar